Senin , 25 September 2017
Beranda > Kajian > Katanya Perempuan Tak Pernah Salah, Katanya

Katanya Perempuan Tak Pernah Salah, Katanya

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Dewasa ini kita sering mendengar istilah “perempuan tak pernah salah”. Yah benar. Bagaimana tidak, kita sebagai seorang laki-laki jika sudah berurusan dengan kepentingan perempuan, dimata mereka, kita selalu salah sebagai seorang laki-laki. Misalkan, kamu dan istrimu hendak makan di luar, dan kamu bertanya pada istrimu “mamah mau makan apa?”, lalu istrimu menjawab “terserah papah aja”, kamu bilang “ya udah kita makan Soto Bandung”, tapi istrimu bilang “gak ah, jangan Soto”, lalu kamu memberikan pilihan lainnya “ya udah, makan Sate aja”, dan lagi istrimu menjawab “jangan Sate pah, kemaren kan udah, bosen”, kamu pun akhirnya bertanya kembali pada istrimu untuk memastikan maunya makan apa. Namun lagi istrimu menjawab “terserah”, dan yang lebih parah kamu akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan kedua kamu dengan jawaban seperti ini “papah gimana sih, kan mamah bilang terserah. Papah gak punya inisiatif sendiri apa? Pikirin dong!!”. Mungkin kamu akan mendapat jawaban seperti itu jika (maaf) istrimu sedang “datang bulan” . Atau sebagai contoh lain “perempuan tak pernah salah”, diberitakan seorang polisi dianiaya oleh seorang perempuan yang melanggar ketika berkendara (Sumber : Tribun Manado).

Contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari beberapa persoalan yang menyudutkan laki-laki sebagai makhluk yang pantas disalahkan, dan tentunya membuat istilah “perempuan tak pernah salah” memang benar adanya. Tapi ingatlah wahai perempuan dengan sabda Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wa Sallam :

Aku melihat kedalam Syurga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (Orang-orang fakir), dan aku melihat kedalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita.” (H.R Bukhari dan Muslim).

Dari hadits tersebut, Rasulullah telah memperingatkan kaum perempuan, bahwa kebanyakan penghuni Neraka adalah kaum perempuan. Yang artinya banyak perempuan yang berbuat dosa atau kesalahan. Dan itu membuktikan bahwa istilah “perempuan tak pernah salah” hanyalah sebagai alasan belaka untuk tidak mengakui kesalahan, dan itu sangat berbahaya jika sudah menjadi akhlak. Pada intinya jika ada seseorang yang marah atau menasehati kita alangkah baiknya kita mengintropeksi diri dan meminta maaf.

Beberapa poin sebab-sebab kebanyakan penghuni Neraka adalah kaum perempuan. Berdasarkan sabda Rasulullah Salallahu’alaihi Wa Sallam:

Aku diperlihatkan Neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita, kerena mereka kufur.” Beliau ditanya: “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau menjawab: “Mereka kufur kepada suami dan mengingkari kebaikan. Andaikan engkau berbuat baik kepada seorang istri sepanjang waktu, kemudian sekali saja ia melihat kesalahanmu, maka ia mengatakan: Aku tidak pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu.” (H.R Bukhari dan Muslim dari Ibnu ‘Abbas r.a).

Dalam hadits lain:

“Wahai para wanita bersedekahlah dan perbanyaklah Istighfar (Memohon ampun kepada Allah), karena sesungguhnya aku telah diperlihatkan bahwa kalian para wanita yang terbanyak menghuni Neraka.” Maka berkatalah seorang wanita yang pandai: “Mengapa kami para wanita yang terbanyak menghuni Neraka?” Beliau bersabda: “Karena kalian banyak melaknat dan kufur terhadap suami.” (H.R Bukhari dari Abu Sa’id Al khudri r.a dan Muslim dari Ibnu Umar r.a)

Hadits lainnya:

Karena kalian banyak mengeluh dan kufur terhadap suami.” (H.R Muslim)

Dapat kita simpulkan beberapa poin dari hadits-hadits diatas:

  1. Seorang perempuan yang kufur terhadap suaminya,
  2. Selalu mengeluh,
  3. Banyak melaknat.

Wallaahu a’lam bishshawaab.

_______________________

Komentar

Tentang Mr.Izuaf

Pemuda jomblo kelahiran Bandung.

Lihat juga

Tatacara Berwudhu’nya Rasulullah

Bismillaahirrahmaanirrahiim, Bila dikaitkan dengan bahasa, wudhu’ bermakna kebersihan dan keindahan (Lihat Al Qamus Al Muhith …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas